ASUS ROG G752VS, GTX 1070 Di Laptop?!?!


ASUS memang sering kali mengeluarkan produk dengan performa yang sangat tinggi serta inovasi baru pada kelas Laptop Gaming mereka. Seperti contohnya yang belum lama ini sempat booming, ASUS GX700, Laptop pertama yang menggunakan Liquid Cooler atau pendingin yang berupa cairan. Kini ASUS meluncurkan produk baru pada kelas tipe ROG (Republic of Gamers), yaitu seri G752VS.

Layar
Seperti angka pertama yang terdapat pada seri laptop ini yaitu ‘7’, ukuran diagonal layarnya adalah 17.3 inci yang dibekali LED panel dengan resolusi Full-HD 120 Hz maupun UHD 60 Hz. Dan tentunya tidak ketinggalan fitur khas dari nVidia yaitu G-Sync. G-Sync sendiri berfungsi untuk menghaluskan tampilan pada saat kita bermain game. Selain itu G-Sync berfungsi untuk mengurangi lag dan juga stutter sehingga nyaman dilihat oleh mata, dan mata tidak berair.
Dapur pacu


Untuk pendukung layar beresolusi tinggi, dibutuhkan dapur pacu yang mumpuni. Ini semua dipenuhi dalam ASUS G752VS ini. Dibekali dengan processor Intel generasi ke 6 atau yang disebut skylake, dengan seri i7-6700HQ atau versi overclock-nya i7-6820HK yang mampu menghasilkan clock speed 2.7 GHz dengan Turbo Boost hingga 3.6 GHz untuk setiap core-nya. Processor ini masih bisa dimaksimalkan lagi hingga 4 GHz setiap coreProcessor ini memiliki 4 cores dan 8 threads yang memungkinkan multi-tasking serta gaming lebih lancar. Selain processor kelas atas, laptop ini juga didukung dengan kartu grafis kelas desktop yaitu NVIDIA® GeForce® GTX™ 1070 yang menggunakan arsitektur Pascal. Kartu grafis ini diklaim 180% lebih baik performanya dibandingkan dengan seri GeForce® GTX™ 970M. Kartu grafis ini juga sudah mendukung teknologi VR (Virtual Reality) yang memberikan pengalaman lebih baik dalam bermain game. Di samping itu, RAM (Random Access Memory) yang terdapat pada laptop ini juga sangat besar, yaitu 64 GB DDR4 2400 MHz. Bahkan mungkin lebih besar dari Desktop PC kalian di rumah ya? Dengan dapur pacu seperti ini, kita bisa menggunakannya untuk bermain game dalam resolusi 4K UHD dengan setting grafis hampir rata kanan.

Penyimpanan
Tidak bisa dilupakan, tentunya penyimpanan yang tersedia dalam laptop ini. Dibekali dengan HDD (Hard Disk Drive) bawaan sebesar 1 TB dan juga 256GB atau 512GB PCIE Gen3X4 SSD (Solid State Drive) yang pastinya dapat menyimpan banyak game serta pekerjaan kita. Selain itu kecepatan SSD yang sangat tinggi memungkinkan untuk memasuki Windows hanya dalam waktu kurang dari 10 detik.

Fitur

Berbagai fitur unggulan dari ROG disematkan pada notebookini. Salah satunya adalah ROG Gaming Center. Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur berbagai hal pendukung bermain game. Seperti untuk merekam tampilan, mengatur tombol makro yang terdapat pada mouseeksternal, serta mengatur audio dengan lebih mudah.
Di samping itu, notebook ini mendapat bundling seumur hidup untuk akun XSPLIT GAMECASTER. Aplikasi ini berfungsi untuk membagikan tampilan game kita ke dunia maya secara live-streaming dengan lebih mudah, cukup dengan menekan satu tombol saja.
Port dan Konektivitas

Karena dibekali dengan processor Intel generasi ke-6, tentu saja notebook ini memiliki port yang sangat diincar, yaitu USB Type-C yang juga mendukung INTEL® THUNDERBOLT™ 3. Dengan port ini kita bisa melakukan transfer data lebih cepat daripada dengan versi pendahulunya. Selain itu kita juga dapat menggunakan aksesoris tambahan berupa VGA eksternal yang terhubung melalui port ini. Selain itu masih banyak keunggulan dari port ini. Walaupun sudah memakai generasi terbaru, notebook ini tidak meninggalkan port USB generasi ke-3 dengan konektor tipe A. Port lain yang tersedia adalah, mic-jack, headphone-jack, ethernet port, HDMI-out, mini Display Port, dan SD Card reader. Untuk sisi konektivitas menggunakan chip wireless terintegrasi dengan teknologi 802.11 ac serta Bluetooth versi 4.1.
Sistem Pendingin

Karena memiliki spesifikasi tinggi, tentu akan menghasilkan suhu yang tinggi pula. Oleh sebab itulah ASUS membekalinya dengan teknologi 3D Vapor Chamber. Teknologi ini dapat mendinginkan suhu processor dan kartu grafis dengan sangat baik sehingga tidak menghasilkan panas yang signifikan. 3D Vapor Chamber diisi dengan cairan pendingin khusus yang mampu berubah menjadi gas dan kembali menjadi cairan secara terus menerus, sehingga suhu panas yang dihasilkan dapat didinginkan secara merata.
Kesimpulan
Nah, dengan spesifikasi dan keunggulan seperti di atas pastinya kalian tertarik bukan untuk mendapatkan laptop ini. Jujur, admin sekeluarga pengguna setia notebook ASUS. Dulu, laptop pertama admin adalah ASUS A45VS yang sayangnya sekarang sudah rusak karena penggunaan admin  sendiri yang terlalu over. Sekarang daily-driver admin adalah ASUS X550JX yang sudah cukup mumpuni untuk mendukung aktivitas sehari-hari dan ditambah dengan secondary notebook yaitu ASUS X450CA. Ayah admin sendiri menggunakan laptop seri X450JB untuk aktivitas kantornya. Dan kakak admin menggunakan seri N56VZ yang masih awet selama 3 tahun lebih untuk tugas kuliah. Terbukti ASUS memang tangguh dan terbukti memiliki performa tinggi dengan harga yang terjangkau dibanding kompetitornya. Apalagi untuk seri ROG ini, sudah tentu memiliki performa yang sangat baik dan mendukung aktivitas gaming, tetapi membutuhkan mobilitas yang tinggi. Selain itu untuk penggunaan multimedia seperti mengedit video, render animasi, ataupun yang lainnya notebook ini sudah sangat bisa diandalkan. Bagi yang ingin mengetahui lebih detail tentang notebook ini, bisa kunjungi tautan ini.
Demikian review yang bisa admin berikan tentang produk ini, jika ada kesalahan mohon dimaklumi. Jika ada kritik, saran, ataupun pertanyaan, langsung saja lewat kolom komentar. Terima kasih.

Arya

Arya Author

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *