Cara Unblock Netflix Tanpa VPN

Netflix sudah tidak asing lagi bagi kita tentunya. Namun, sejak tahun 2016 Telkom Group membatasi akses menuju server Netflix yang menyebabkan para pelanggan yang sudah membayar biaya langganan merasa kecewa.

Salah satu cara untuk menembus pembatasan akses ini yaitu menggunakan VPN, tetapi jika menggunakan VPN tentu akan berdampak pada kecepatan akses konten. Apalagi, pihak Netflix juga memblokir IP Address dari beberapa penyedia server sehingga meskipun menggunakan VPN kita tetap tidak bisa mengakses Netflix. Untuk dapat mengaksesnya diperlukan VPN premium yang tentunya harus menambah biaya lagi.

Ada satu alternatif yang bisa dilakukan secara gratis, terutama bagi pengguna layanan internet dari Telkom indihome atau operator selular Telkomsel. Untuk pengguna android, kita bisa mengunduh aplikasi Intra di Play Store atau bisa klik di sini. Penggunaannya pun sangatlah mudah, cukup buka aplikasinya saja, lalu tekan switch-nya dan beri izin akses VPN. Setelah itu, coba untuk memutar film apapun di Netflix.

NB: Perlu diingat, walaupun memerlukan izin untuk akses VPN aplikasi ini sebenarnya bukanlah VPN. Fungsi dari aplikasi ini hanya mengubah DNS yang diberikan oleh ISP (Internet Service Provider) menjadi DNS sesuai kemauan kita (Cloudflare maupun Google). Akses VPN digunakan agar aplikasi dapat mengubah pengaturan jaringan di Android. Karena ISP Telkom sulit untuk ditembus DNS-nya jika hanya menggunakan pengaturan jaringan bawaan android. DNS harus diubah menggunakan metode Deep Packet Inspection.

Nah, cara di atas kan untuk android. Lalu bagaimana cara untuk PC Windows?

Caranya juga sangatlah mudah, cukup download GoodbyeDPI dan jalankan script-nya. Untuk mendownload, silakan klik di sini. Pilih file goodbyedpi-x.x.x.zip (x.x.x adalah versi, pastikan download versi terbaru). Setelah itu extract filenya, lalu jalankan script ‘2_all_dnsredir.cmd’ atau ‘2_all_dnsredir’ dengan cara mengklik dua kali. Berikutnya akan muncul window command prompt, jangan ditutup, cukup minimize saja. Kalian sudah bisa mengakses Netflix baik melalui aplikasi dari windows store maupun dari browser masing-masing.

Sayangnya, admin belum pernah mencoba di device iOS maupun mac, sehingga tidak bisa memberikan tutorial cara penggunaannya.

Keunggulan dari cara ini dibanding dengan menggunakan VPN yaitu:

  1. Lebih hemat biaya daripada membeli VPN Premium
  2. Kecepatan akses sesuai dengan kecepatan asli kita
  3. Bisa mengakses hampir semua situs yang diblokir di Indonesia, bukan hanya Netflix. (reddit, dll)

Sekian pos kali ini. Semoga bermanfaat bagi para penikmat konten netflix.

Arya

Arya Author

Comments

    Avatar

    Nyora

    (February 17, 2020 - 6:37 pm)

    Wow mantep bro,thx banget 😀

    Avatar

    khadafi

    (March 6, 2020 - 3:18 pm)

    terima kasih banyak

    Avatar

    ns

    (March 6, 2020 - 10:58 pm)

    lo goblok apa goblok bro? judul artikel menonton netflix tanpa vpn, tapi isi artikel suruh download aplikasi vpn android. otak dituker sma duit adsense sih

      Arya

      Arya

      (March 9, 2020 - 5:29 am)

      itu bukan vpn, itu aplikasi DNS. Dan DNS itu bukan VPN. Cuma di Android cara kerjanya via protokol VPN. Kalo VPN buat netflix kan pastoi berbayar.

      Avatar

      john

      (March 14, 2020 - 5:50 pm)

      Kayanya otak lu yang ketuker bro

      Avatar

      ns anjing

      (April 19, 2020 - 1:13 pm)

      Makanya tong baca yang bener, udah dijelasin itu fungsinya. Goblok dipiara.

    Avatar

    Jei

    (March 28, 2020 - 8:28 am)

    Terima kasih anya sangat membantu sukses terus blognya GBU

    Avatar

    Irwan

    (April 4, 2020 - 6:27 pm)

    Bisa sih di buka app netflix by windows pc nya , tapi gak di play, loading trus

      Arya

      Arya

      (April 8, 2020 - 10:02 pm)

      Kalo goodbyedpi emang kadang gitu sih, bahkan kadang kalo dipake malah jadi ga bisa buat akses internet sama sekali, dari penyedia dnsnya kayanya yang ga kuat buat handle user sebanyak itu

    Avatar

    April

    (April 5, 2020 - 10:17 pm)

    Halo, saya sudah coba download apps Intra nya tapi masih ngga bisa nih buat akses netflix nya. Knp ya?

      Arya

      Arya

      (April 8, 2020 - 10:00 pm)

      Wah kalo buat sekarang saya kurang tau soalnya udah ga langganan netflix lagi jadi belom nyoba.

    Avatar

    Rudy Khoiruddin

    (April 11, 2020 - 8:03 am)

    Woah.. tengkyu

    Avatar

    Jun

    (April 24, 2020 - 4:05 am)

    Makasih banyak bro, artikelnya sangat membantu

    Avatar

    arman

    (April 30, 2020 - 4:15 pm)

    wah gabisa buat ios ya? udah coba di macbook gak bisa 🙁

      Arya

      Arya

      (May 2, 2020 - 5:27 pm)

      wah belum tau caranya kalo buat ios sama mac, ga pake devicenya juga kebetulan hehe

    Avatar

    LazyLenz

    (May 4, 2020 - 10:15 am)

    Apakah cara ini masih work? bukan buat netflix sih, buat website yang diblokir aja sama indiho*e

      Arya

      Arya

      (May 8, 2020 - 1:17 pm)

      masih, saya sering gunakan untuk mengakses reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *