Mengembalikan File Hilang, Easeus Data Recovery

Kita pasti pernah mengalami kehilangan file yang disengaja maupun tidak disengaja, ini merupakan kejadian yang menjengkelkan, bukan? Nah, kali ini, admin akan membagikan cara mengembalikan file yang hilang tersebut. Pada kasus ini, admin tidak sengaja menghapus 1 partisi data berukuran kurang lebih 800GB. Isinya berbagai macam foto, tugas sekolah, video, master software, bahkan game. Walaupun hanya terisi sekitar 500GB saja, tidak sampai penuh. Kejadian ini menimpa admin ketika sedang meng-install hackintosh. Baik, langsung saja ke cara mengembalikannya.

1. Kalian memerlukan software Easeus Data Recovery, yang bisa diunduh di sini untuk versi aslinya. Untuk versi crack-nya bisa unduh di sini.
2. Install seperti biasa.
3. Setelah selesai, buka software itu.
4. Jika menggunakan versi trial kalian hanya bisa mengembalikan file berukuran maksimal 500MB, jika ingin mengembalikan file yang besar seperti admin disarankan membeli lisensi atau menggunakan crack agar bisa dikembalikan secara sempurna.
5. Pertama kalian akan dihadapkan dengan tampilan awal software ini.
6. Pilih pada bagian ‘Recover all files’
7. Pilih partisi yang mau kalian kembalikan datanya. Pada kasus ini partisi yang akan dikembalikan bernama ‘lost partition-1 *:’ berukuran 931GB.
8. Tunggu proses scanning yang memakan waktu tergantung kapasitas partisi. Yang admin alami, perlu menunggu sekitar 2 jam 30 menit untuk proses scan.
9. Setelah proses ini selesai, pilih semua file yang akan dikembalikan. Lalu tekan tombol recover.
10. Proses inilah yang memakan waktu lebih lama. Mungkin bisa sambil ditinggal tidur atau yang lainnya.
11. File sudah kembali.
NB: Tidak semua file yang kembali utuh seperti aslinya. Untuk video, bisa saja sampai corrupted dan terpotong potong. Untuk jenis lain kadang bahkan tidak bisa dibuka sama sekali. File yang bisa dikembalikan biasanya yang umurnya belum terlalu lama atau bisa dibilang masih baru. Sebagai contoh saja, setelah berhasil menyelesaikan proses ini, ada satu folder backup dari kamera yang isinya utuh tanpa corrupted sedikit pun. Itu karena baru saja dipindah sebelum tidak sengaja ter-format. Namun, untuk me-recover seperti flashdrive atau SD Card ini sangat disarankan. Karena hampir 100% file bisa kembali. Seperti yang pernah admin alami ketika tugas sekolah shooting video yang ada di memori kamera hilang entah ke mana. Dengan melakukan langkah di atas, video bisa kembali sehingga tidak perlu melakukan shooting ulang.
Arya

Arya Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *