Sistem Minimum PIC16F877A

Halo guys, sudah lama admin tidak update di blog ini, sepertinya sudah hampir satu tahun sejak post terakhir. Maklum admin baru merasakan masa masa menjadi seorang maba wkwkwk….

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi pengalaman mengenai apa yang dipelajari di perkuliahan terutama seputar microcontroller PIC16F877A. Jujur, admin sendiri baru mendengar microcontroller ini ketika masuk di kelas mikrokontroler, juga masih sangat asing dengan yang satu ini. Maklum, sejak dulu yang digunakan hanyalah Arduino saja hehehe….

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai sistem minimum atau yang lebih sering disingkat dengan sismin untuk PIC16F877A, ada baiknya kita mengenal apa itu sistem minimum dan juga spesifikasi teknis dari microcontroller ini. Sistem minimum merupakan suatu sistem rangkaian komponen elektronik yang diperlukan agar sebuah mikrokontroler dapat bekerja untuk menjalankan program yang akan diberikan. Berikut di bawah ini adalah spesifikasi singkat PIC16F877A:

Program Memory TypeFlash
Program Memory Size (KB)14
CPU Speed (MIPS/DMIPS)5
SRAM (B)368
Data EEPROM/HEF (bytes)256
Digital Communication Peripherals1-UART, 1-SPI, 1-I2C1-MSSP(SPI/I2C)
Capture/Compare/PWM Peripherals2 Input Capture, 2 CCP,
Timers2 x 8-bit, 1 x 16-bit
ADC Input8 ch, 10-bit
Number of Comparators2
Temperature Range (°C)-40 to 125
Operating Voltage Range (V)2 to 5.5
Pin Count40

Untuk rangkaian sistem minimumnya sebagai berikut:

Deskripsi pin pada mikrokontroler PIC16F877A dan nomornya
Rangkaian tanpa tombol reset
Rangkaian dengan tombol reset

Nah, gambar di atas merupakan skematik rangkaian elektronik yang diperlukan untuk membuat sistem minimum PIC16F877A. Untuk daftar komponen yang diperlukan yaitu sebagai berikut:

  1. PIC16F877A (1)
  2. Pull-up resistor 4,7k Ohm (1)
  3. Kristal oscillator frekuensi sampai dengan 20 MHz, rekomendasi minimal 8 MHz (1)
  4. Kapasitor keramik 22pF (2)
  5. Catu daya 2 – 5,5 volt, bisa menggunakan baterai lithium-ion, lithium-polymer, bahkan charger HP (1)

Berdasarkan pengalaman admin sendiri menggunakan komponen di atas terdapat masalah, PIC tidak bisa bekerja sebagaimana seharusnya. Setelah melakukan troubleshoot, masalah terletak di kapasitornya, ketika kapasitor dilepas justru mikrokontroler bekerja dengan normal. Entah apa yang menyebabkan masalah ini tapi saran admin jika menemukan masalah dengan konfigurasi di atas, coba saja untuk pelepas kapasitor yang terhubung dengan kristal oscillator.

Arya

Arya Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *